Hari Pariwisata Dunia 2024, Ini Destinasi Wisata Berbasis Sustainable Tourism di Indonesia

Senin, 30 September 2024 - 14:30 WIB
loading...
Hari Pariwisata Dunia...
Punti Kayu Palembang salah satu tempat wisata berkonsep sustainable tourism di Indonesia. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Penggiat pariwisata di seluruh dunia tiap tahun memperingati World Tourism Day atau Hari Pariwisata Dunia yang dicanangkan oleh Organisasi Pariwisata Dunia atau United Nations World Tourism Organization (UNWTO).

Hari Pariwisata Dunia telah diperingati selama lebih dari 40 tahun, tepatnya sejak 27 September 1980. Adapun tujuan memperingati hari tersebut yaitu mendorong perkembangan pariwisata di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Melalui momentum ini, pelaku pariwisata dapat berkontribusi besar dalam mendukung sebuah konsep yang sedari dulu telah memajukan perekonomian daerah lewat sektor pariwisata yang berkelanjutan atau sustainable tourism.



Berikut destinasi wisata yang memiliki konsep sustainable tourism di Indonesia.

1. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran merupakan tempat wisata berwawasan lingkungan yang mengutamakan konservasi alam sebagai pendukung pelestarian satwa dan lingkungan, sekaligus juga kesejahteraan masyarakat setempat. Menariknya, taman nasional yang berada di Situbondo, Jawa Timur, ini juga dikenal sebagai “Little Afrika” di Jawa, karena memiliki suasana savana yang khas.

Menurut Jurnal Ilmiah Domestic Case Study, di Taman Nasional Baluran terdapat 444 jenis tumbuhan, 28 jenis mamalia, serta 196 aves, pisces, dan reptil.

2. Punti Kayu Palembang

Sebagai penyumbang oksigen alami terbesar di Palembang, kawasan Punti Kayu menjadi salah satu destinasi wisata dengan konsep sustainable tourism yang menarik untuk dikunjungi. Di Punti Kayu terdapat deretan pohon pinus dan berbagai flora seperti mahoni, talog, hingga akasia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)